Skip to content

Obama kontak SBY

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama berbicara dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui telepon, Sabtu, sehari setelah Jakarta diguncang serangan bom yang menewaskan sembilan orang dan melukai 55 orang pada hari Jumat.

“Presiden Obama berbicara dengan Presiden Indonesia Yudhoyono hari ini untuk mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali dia sebagai Presiden dan menyampaikan dukungan serta solidaritas bagi pemerintahnya dan rakyat Indonesia setelah serangan teror kemarin di Jakarta,” demikian antara lain isi satu pernyataan Gedung Putih.

“Kedua Presiden menegaskan kembali kerja sama erat antara Amerika Serikat dan Indonesia dalam menghadapi ekstremisme di Asia Tenggara dan di seluruh dunia.”

Seorang pemimpin garis keras Malaysia yang dicari karena beberapa serangan teror, Noordin Top, telah disebut-sebut sebagai kemungkinan dalang pengeboman bunuh diri di dua hotel mewah tersebut.

Noordin Top sudah beberapa tahun terakhir ini dicari aparat keamanan Indonesia dan dia pernah bersembunyi di Bandung. Sementara itu, Dr Azhari, seorang warga Malaysia yang juga dikenal sebagai teroris, berhasil ditewaskan aparat keamanan Indonesia beberapa tahun silam.

Obama juga memuji Indonesia, yang kebanyakan warganya pemeluk agama Islam, mengenai pemilihan umum yang dapat menjadi sumber bagi dunia Muslim. “Presiden menyatakan bahwa pemilihan umum yang berhasil di Indonesia pada 8 Juli mengingatkan dunia bahwa Islam, demokrasi, dan keragaman dapat hidup berdampingan dan berjuang bersama,” katanya.

Berita Jabar

. Informasi Umum

Jawa Barat merupakan provinsi terbesar dengan jumlah populasi terbesar di Pulau Jawa. Kondisi geografis yang strategis menguntungkan propinsi ini dari segi komunikasi dan perhubungan.

Kawasan utara Jawa Barat merupakan daerah berbukit-bukit dengan sedikit pantai. Sedangkan daerah dataran tinggi bergunung-gunung terletak di kawasan tengah.

Provinsi ini dibatasi oleh Laut Jawa dan Selat Sunda, DKI Jakarta, Jawa Tengah, serta Samudra Indonesia, berturut-turut di sebelah barat, utara, timur, dan selatan.

Provinsi ini kini memiliki 17 kabupaten dan 9 kotamadya.

2. Sejarah

Pada zaman dahulu, Jawa Barat merupakan wilayah dari Kerajaan Tarumanegara. Namun, pada zaman penjajahan kolonial Belanda, Pemerintah Hindia Belanda membentuk provinsi Jawa Barat melalui Staatblad no. 378.

Pembentukan provinsi ini sebagai pelaksanaan Bestuurshervormingwet tahun 1922 yang membagu Hindia Belanda atas kesatuan-kesatuan daerah provinsi. Baru, pada tanggal 17 Agustus 1945, Jawa Barat resmi bergabung dengan Indonesia.

Tanggal 27 Desember 1949, Jawa Barat menjadi Negara Pasundan yang merupakan salah satu negara bagian dari Republik Indonesia Serikat, hasil kesepakatan Konferensi Meja Bundar. Namun, tahun 1950 Jawa Barat kembali bergabung dengan Republik Indonesia, melalui UU no. 11 tahun 1950.

3. Kebudayaan

Beberapa seni budaya khas Jawa Barat misalnya angklung, sisingaan, Wayang Golek, tari Jaipong, Kecapi Suling, dan Rampak Gendang.

4. Kependudukan

Jumlah penduduk di provinsi Jawa Barat merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Mayoritas penduduk merupakan suku Sunda.

5. Bahasa

Sebagian besar masyarakat di provinsi ini menggunakan Bahasa Sunda. Namun, di beberapa kota pesisir utara, penduduk setempat menggunakan bahasa Jawa berdialek Cirebon. Bahasa Jawa dengan dialek ini mirip dengan Bahasa Jawa dialek Tegal.

Sedangkan, masyarakat yang tinggal di perbatasan DKI Jakarta, seperti di Bekasi, Depok, dan Kabupaten Bogor bagian utara menggunakan Bahasa Indonesia dengan dialek Betawi.

Sumber berita : http://www.kompas.com

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: