Skip to content

Gugatan Buat Nurdin Halid

Februari 10, 2011

JAKARTA, KOMPAS.com — Keabsahan Nurdin Halid sebagai Ketua Umum PSSI kembali dipertanyakan. Kali ini kelompok Masyarakat Sepak Bola Nasional melayangkan gugatan hukum soal keberadaan Nurdin di posisi tertinggi otoritas sepak bola Indonesia tersebut.

“Saya, Tondo Widodo, Abubakar Assegaf, dan Sumaryoto, yang mengatasnamakan Masyarakat Sepak Bola Nasional, akan melayangkan gugatan kepada PSSI lewat Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Gugatan tersebut dilayangkan pada 17 Januari lalu,” kata CEO Persebaya Surabaya 1927, Saleh Mukadar, Rabu (9/2/2011) di Jakarta.

Saleh menegaskan, gugatan itu diutarakan karena jabatan Nurdin sebagai Ketua Umum PSSI telah melanggar statuta FIFA. “Di statuta FIFA dikatakan bahwa ketua umum tidak boleh dijabat oleh mantan narapidana,” ucap Saleh.

PSSI, kata Saleh, bersikeras menganggap jabatan Nurdin sah karena sesuai dengan statuta PSSI. Namun, Saleh menganggap PSSI sengaja mengubah statuta FIFA saat diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

“Padahal, PSSI sendiri bilang kalau ada perbedaan pemahaman antara versi Inggris dan versi Indonesia, maka yang digunakan adalah versi Inggrisnya,” ucap Saleh.

Yang dimaksud Saleh adalah Statuta Standar FIFA Pasal 32 Ayat 4 yang berbunyi, “The members of the Executive Committee… must not have been previously found guilty of a criminal offence.” Artinya, anggota komite eksekutif tidak boleh pernah dinyatakan bersalah atas tindakan kriminal.

Pada Statuta PSSI Pasal 35 Ayat 4, ketentuan itu melenceng. Di situ tertulis, “Anggota Komite Eksekutif… harus tidak sedang dinyatakan bersalah atas suatu tindakan kriminal pada saat kongres serta berdomisili di wilayah Indonesia.”

Ketika ditanya kenapa baru sekarang mengajukan gugatan tersebut, Saleh beralasan gugatan semacam ini sebetulnya melalui Arbitrase Olahraga yang dibentuk oleh PSSI. “Tetapi sekarang lembaga itu belum dibentuk. Makanya, kami mengajukan lewat pengadilan negeri,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, apa yang dilakukan oleh PSSI juga telah melanggar Sistem Keolahragaan Nasional (Siskornas).

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: